RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
AZAS KEKEKALAN ENERGI DAN PERUBAHAN ENTALPI
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi dasar : 2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.
I. Indikator:
1. Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
2. Membedakan sistem dan lingkungan
3. Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
4. Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
5. Menjelaskan macam-macam entalpi molar
“
”
II. Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
2. Membedakan sistem dan lingkungan
3. Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
4. Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
5. Menjelaskan macam-macam entalpi molar
III. Materi Ajar :
o Azas kekekalan energi
o Sistem dan lingkungan
o Kalor reaksi (∆H)
o Reaksi eksoterm dan endoterm
o Entalpi molar
IV. Metode pendekatan:
o Penyampaian informasi
o Demonstrasi
o Diskusi
o Penugasan
V. Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Azas kekekalan energi
o Sistem dan lingkungan
o Kalor reaksi (∆H)
Kegiatan awal
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Appersepsi / motivasi
Kegiatan Inti
o Diskusi kelas untuk membahas azas kekekalan energi sesuai denganmodul cetak.
o Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas pengertian sistem dan lingkungan sesuai dengan modul cetak.
o Melakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian entalpi sesuai dengan materi di modul cetak.
o Kegiatan Akhir
o Menyimpulkan kata-kata kunci: Azas kekekalan energi, energi dalam, sistem, lingkungan, kalor, kerja, entalpi dan perubahan entalpi.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Reaksi eksoterm dan endoterm
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Malakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membahas reaksi eksoterm dan endoterm sesuai dengan materi modul cetak.
o Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan sifat-sifat reaksi eksoterm dan endoterm.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
o Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Entalpi molar
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Malakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian persamaan termokimia dan berbagai macam entalpi molar sesuai dengan modul cetak
o Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan arti persamaan termokimia dan entaklpi molar pembentukan dan pembakaran.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Membahas soal uji kompetensi
o Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit)
o Ulangan harian (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
VI. Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
VII. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
VIII. Penilaian:
A. PPK
Tagihan KIM-2108MP (Lihat kartu Soal)
B. Praktik
Tagihan KIM-2109MP (Lihat kartu soal)
C. Responsi
Tagihan KIM-2110MP (Lihat kartu soal)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar