Senin, 05 Maret 2012

Reaksi Penetralan

Pernahkah kamu makan obat maag? Obat maag atau antacid dimakan untuk mengurangi keasaman pada lambung karena obat maag mengandung basa. Tanah pertanian yang bersifat asam biasanya diberi kapur agar keasamannya berkurang sehingga pHnya cocok untuk tanaman yang akan ditanam. Proses ini disebut reaksi penetralan. Di laboratorium reaksi penetralan dapat dilakukan dengan cara titrasi asam-basa. Melalui titrasi juga dapat dihitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan. 

Reaki penetralan termasuk reaksi pada larutan elektrolit yaitu reaksi antara asam dengan basa sampai terjadi suasana netral. Bagaimana terjadinya penetralan pada larutan asam dan basa? Coba perhatikan gambar pada saat larutan asam klorida direaksikan dengan larutan natrium hidroksida.
HCl(aq) + NaOH(aq) -- > NaCl(aq) + H2O(l)

asam basa garam air
Pada reaksi antara asam dan basa, ion hidrogen, H+(aq) dan ion hidroksida, OH–(aq) bergabung membentuk molekul air yang bersifat netral.
H+(aq) + OH–(aq) -- > H2O(l)

Ion Na+(aq) dan ion Cl–(aq) tetap di dalam larutan NaCl. Jika diuapkan akan dihasilkan NaCl padat atau garam dapur. Jika jumlah mol ion H+ dari asam sama dengan jumlah mol ion OH– dari basa
maka hasil reaksi akan bersifat netral. Reaksi tersebut dinamakan reaksi penetralan.
Contoh reaksi penetralan yang lain yaitu:
HCl(aq) + KOH(aq) -- > KCl(aq) + H2O(l)
CH3COOH(aq) + NaOH(aq) -- > CH3COONa(aq) + H2O(l)

Reaksi penetralan asam atau basa dapat dilakukan dengan tepat melalui cara titrasi. Titrasi asam basa adalah penambahan larutan standar atau larutanyang telah diketahui konsentrasinya. Larutan standar ditambahkan ke dalam larutan asam atau basa sampai suasana netral. Keadaan netral pada titrasi ditunjukkan oleh indikator yang digunakan yaitu indikator yang berubah warna pada suasana netral yaitu pH 7. Misalnya indikator fenolftalein. Sebenarnya indikator ini memiliki trayek pH 8,2–10 tetapi biasa digunakan karena perubahan warnanya mudah diamati yaitu dari tidak berwarna menjadi merah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar