Senin, 05 Maret 2012

Unsur, Senyawa dan Campuran

Ilmu kimia adalah ilmu tentang rekayasa materi. Hal ini berarti yang dipelajari dalam kimia adalah tentang materi khususnya sifat-sifat kimianya. Materi sendiri adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Sehingga dapat kita katakan hampir semua yang ada di alam adalah materi termasuk diri kita juga materi.
Materi atau zat terdiri dari dua bagian yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal adalah materi yang memiliki susunan pastikel yang tidak mudah dirubah dan mempunyai komposisi yang sama. Zat tunggal dapat diklasifikasikan menjadi unsur dan senyawa.

1. Unsur
Apakah yang dimaksud dengan unsur? Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa. Unsur-unsur yang ada dalam sistem periodik unsur sekarang ada sekitar 118 unsur, dimana 92 unsur diantara ditemukan di alam dan sisanya merupakan hasil sintesis di laboratorium.
Karena banyaknya unsur yang ada, untuk memudahkan menginngat maka digunakan Lambang Unsur. Lambang Unsur sendiri diambilkan dari Huruf Depan nama ilmiah unsur tersebut dengan menggunakan Huruf Capital dan apabila huruf depannya sama, maka diambil dari huruf berikutnya yang memudahkan mengingat unsur tersebut tetapi menggunakan huruf kecil.
Contoh : Carbon ( C ), Calcium ( Ca ), Cobalt (Co ) dll

2. Senyawa
Zat tunggal berupa senyawa didefinisikan sebagai zat yang dibentuk dari berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia dan memiliki komposisi yang tetap. Dengan kata lain senyawa adalah gabungan antara 2 unsur atau lebih yang berikatan secara kimia. Karena senyawa terdiri dari beberapa unsur, maka senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya dengan proses tertentu.
Contoh senyawa yang paling mudah kita kenal adalah air. Senyawa air diberi lambang H2O. Senyawa air terbentuk oleh dua jenis unsur yaitu unsur Hidrogen (H) dan unsur Oksigen (O), dengan komposisi 2 unsur H dan satu unsur O. Molekul senyawa dan Molekul Unsur
Senyawa yang disusun oleh satu unsur disebut dengan molekul unsur, ditunjukkan oleh senyawa diatomik seperti senyawa H2, dan O2. molekul gas oksigen (O2) terdiri atas dua atom oksigen. Senyawa yang disusun oleh beberapa unsur, bagian terkecilnya disebut dengan molekul senyawa, molekul semacam ini ditemui pada senyawa heteroatomik, seperti H2O, dan P2O5, N2O3. 

3. Campuran
Campuran adalah materi yang disusun oleh beberapa zat tunggal baik berupa unsur atau senyawa dengan komposisi yang tidak tetap. Dalam campuran sifat dari materi penyusunnya tidak berubah. Contoh sederhana dari campuran dapat kita jumpai di dapur misalnya saus tomat. Campuran ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin C dan masih banyak zat-zat lainnya. Sifat karbohidrat, protein dan vitamin C tidak berubah. Campuran dapat kita bagi menjadi dua jenis, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar